Rabu, 06 Maret 2013

paskibra Nasional

1345272706985439430
Foto : Antara



Peringatan Detik-detik Proklamasi yang selalu kita rayakan setiap tanggal 17 Agustus baru saja usai. Sudah menjadi “menu” tetap setiap tahun, peringatan detik-detik Proklamasi di Istana Negara, dimeriahkan oleh kehadiran pemuda-pemudi terbaik bangsa yang terpilih dari berbagai daerah untuk menjadi Anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) bersama Kepala Negara dan para Pejabat Tinggi republik ini.
Peserta Paskibraka tahun ini berjumlah 66 orang. Mereka adalah perwakilan pemuda-pemudi terbaik dari 33 provinsi di Tanah Air. Masing-masing provinsi mengirimkan dua orang, yakni satu putera dan satu puteri. Mereka akan digembleng secara militer mulai dari tanggal 16 Juli hingga menyelesaikan tugas sebagai pengibar Bendera Pusaka pada 17 Agustus 2012.
Mereka dibagi dalam dua kelompok besar. Tiap kelompok akan berisi 33 anggota Paskibraka. Kelompok pertama bertugas saat upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih, Jumat (17/8/2012) pukul 10.00 WIB. Sedangkan 33 anggota Paskibraka lainnya bertugas untuk penurunan bendera Sang Merah Putih, pada sore harinya pukul 17.00 WIB.
Tiga hari sebelum bertugas, yaitu pada 14 Agustus 2012 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik 66 anggota Paskibraka itu di Istana Negara. Upacara pelantikan ini didahului dengan pengucapan ikrar “Putra Indonesia”, dengan mencium Sang Saka Merah Putih.
1345273242486109475
Foto : Antara
Dalam pidato pelantikan itu, Presiden SBY meminta agar anggota Paskibraka 2012 menjadi generasi yang maju dan unggul demi memajukan bangsa Indonesia. Juga generasi bangsa yang sehat jasmani dan rohani.
“Tapi yang lebih penting generasi yang memiliki integritas kepribadian baik mental kokoh ulet tegar dan pantang menyerah untuk berjuang bagi bangsa negara dan berbakti bagi Indonesia,” pesan Presiden SBY.
SBY juga mengharapkan, para anggota Paskibraka yang berasal dari 33 provinsi bisa menjadi pelopor dan contoh bagi bangsa. “Apapun agama, etnis, daerah, suku, dan perbedaan identitas apapun. Kita satu seperti Bhineka Tunggal Ika,” katanya. “Lakukan dengan aktif untuk mengajak semua anak bangsa untuk mencegah konflik dan kekerasan di antara kira semua,” sambung presiden.
Pada 17 Agustus 2012, Tepat pukul 10.00 WIB, sirine dibunyikan selama satu menit diselingi dentuman meriam 17 kali. Upacara peringatan HUT ke-67 pun dimulai. 66 anggota Paskibraka tampak melakukan tugasnya dengan baik. Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI kali ini sangat istimewa, karena berlangsung pada hari dan suasana sama 67 tahun silam saat detik-detik poklamasi pertama kali dibacakan  oleh Soekarno-Hatta, yakni hari Jumat dan dalam suasana Ramadan.
Salah satu wakil dari Maluku, Jessica Botter yang merupakan pelajar kelas 3 SMA Negeri 1 Ambon , mengaku bangga bisa ada dalam barisan Paskibraka Nasional 2012.
“Ini mujizat Tuhan yang luar biasa buat saya. Saya bangga karena masuk barisan Paskibraka. Semoga dengan ini bisa mendapat banyak pengalaman berharga yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan nanti ujar putri sulung pasangan Denny Botter dan Sherly Kasturian ini usai disalami Menpora.
Berikut nama-nama anggota Paskibraka tahun 2012:

Aceh: Fajrika; Puteri Menteri Bengi
Sumut: Agung Ananda Nasution; Puspita Ladiba
Sumbar: Mohammad Ikhbal; Delin Nova Liani
Sumsel: Mohammad Rakha Rajasa Putra; Rizky Mutiara Adithama
Riau: Muhammad Chandra; Wida Nur Atika
Bengkulu: Berlian; Rollya Oktarina
Babel: Tresna Gumilar; Nugrah Novita Nur Arbani
Lampung: Gian Ahmad Rifki; Ni Ketut Dewi Yudistira W
Jambi: Aldi Ramadhan Fauzi; Risa Mulya Sari
Kepulauan Riau: Rahmat Suwandi; Devi Ayu Rahmawati
Gorontalo: Dadang Nurhidayat Ahmad; Dewi Eka Putri Ismail
Jabar: FX. Tetuko Zlatoper Winanda; Eluira Putri
Jateng: Moh.Hasan Sidiq; Mega Ayundya Nirwaningtyas
Jatim: Riza Putra Nugraha; Aulia Rahma Prayekti
DI Yogyakarta: Akhmad Miskhal Nafidz; Lilis Arilia
Bali: I Gede Yoga Eka; Dewa Ayu Ardikna Suari
Banten: Adi Wahyu Nurhidayat; Riz Nurzufriona
DKI Jakarta: Dannil Hidayat; Emilka Nuradanta
NTB: Azan Subhi; Syafira Kwartalia Putri
NTT: Rifki Prayogi Waly; Siti Aisyah Makunima
Kalsel: Gusti Muhammad Rifa Abadi; Nita Indah Sari
Kalbar: Gunawan; Ayu
Kaltim: Fauzi Prawira Karva; Thelma Saptari Lalamentik
Kalteng: Efraim Adven; Oktyana Mentaya Sari
Sulawesi Selatan: Muhammad Darul Aqza Jufri; Andina Arbarini
Sulawesi Tengah: Juniarto; Aisah Chantika
Sulawesi Tenggara: Afrizal Akmal; Yeti Astuti
Sulawesi Barat: Heryanto Lengkong; Dian Nur Afria Ditha
Sulawesi Utara: Christo Frederiskk Netanel Bawelle; Nikita Esther Lengkey
Maluku: Aufa Dien Assagaf; Jessica Cillion Botter
Maluku Utara: Rizky Arsad; Atia Vitalia Aswandany
Papua: Rivan Fredo Makanuay; Benita Luciane Kawaitouw
Papua Barat: Theo Fiktur Manruaru; Marice Baransano

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar